Minggu, 19 Maret 2017

membuka usaha bikin kemeja sendiri

Usaha yang tak pernah padam ini dan selalu bisa bertahan dari berbagai kondisi ekonomi bangsa adalah usaha konveksi, karena merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Usaha konveksi ada bermacam macam, seperti usaha konveksi kemeja, pakaian anak-anak, konveksi tas dan dompet, usaha konveksi berupa pembuatan topi, kerudung, kaos gaul, dan sebagainya.
ada beberapa hal yang harus diketahui dalam membuka usaha bikin kemeja sendiri:
foto:lazada.co.id

1. tentukan Jenis Usaha Konveksi
Sebelum anda memulai usaha konveksi, Apakah anda akan buat khusus baju anak-anak saja, ataupun kemeja,  kaos gaul, pakaian kantor, konveksi topi, tas, dompet, baju model terbaru, atau menggabungkan beberapa diantaranya. Sesuaikanlah dengan target konsumen yang berpotensi mendatangkan untung besar

2. Persiapan Modal Usaha
Dalam membangun bisnis konveksi, anda harus memeprsiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Yang pertama dipersiapkan tentunya tempat kerja usaha konveksi. Luas bangunan tergantung jumlah mesin dan kapasitas usaha konveksi anda. Selanjutnya membeli peralatan dan bahan konveksi, antara lain :
    Mesin jahit,
    Sewa tempat / gudang
    Beli bahan konveksi (kain, kancing, benang, dsb) dengan jumlah modal tergantung besar kecil usaha anda

3. Ciptakan Ide Kreatif
anda harus punya ide yang unik, kreatif, dan menarik dan beda dari yang lain, khususnya di wilayah anda. Dan anda pun juga memperhatikan minat konsumen, dan media juga salah satu senjata yang ampuh untuk memproduksi baju maupun kemeja buatan anda, dan ikutilah trend atau sesuatu yang booming di layar televisi, seperti gosip yang heboh tentang para selebriti, perfilman, sinetron atau pun style nya, dan juga lagu missal nya, ataupun para musisi yang di gandrungi para remaja sekarang. Buatlah motif yang menarik perhatian para remaja, karena itu sangat membantu produk anda laris dan tak termakan zaman.

4. Persiapan Pemasaran
Ada baiknya sebelum anda membangun usaha konveksi, anda telah mempunyai koneksi untuk memasarkan produk anda, misalnya teman-teman yang bekerja di salah satu perusahaan, keluarga yang kerja di sekolah (pakaian seragam), atau toko-toko baju di wilayah anda. Dan juga media sosial yang booming di zaman sekarang.

5. Mengelola Usaha
Kelolalah bisnis anda secara profesional, mulai dari penanganan produk, manajemen karyawan, hingga servis ke konsumen. Ingatlah prinsip pembuatan produk : “Mutu adalah Ratu”. Ikutilah trend yang sedang digemari dan modifikasilah untuk membuatnya lebih menarik.

Dan Bisnis tak harus dimulai dengan modal besar. Anda yang berminat terjun ke usaha konveksi kaos dan sejenisnya bisa mengawalinya dengan skala rumahan. Memang banyak kendala dan tantangan yang di hadapi. Namun tetaplah fokus pada tujuan anda, selamat berusaha dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon