Rabu, 18 Januari 2017

5 Persiapan Melahirkan yang Wajib Dilakukan Calon Ibu

Sangat penting bagi calon ibu untuk melakukan persiapan melahirkan pada saat-saat terakhir usia kehamilan. Persiapan ini dilakukan agar persalinan menjadi lebih mudah dan tidak bingung lagi di kala bayi sudah dilahirkan. Jangan hanya fokus pada penyambutan bayi saja, tapi juga perlengkapan atau peralatan persalinan juga penting. 
foto:meetdoctor.com

Jika perlengkapan selama persalinan sudah dipersiapkan maka, Anda akan tenang dan bisa memusatkan pikiran dalam menjalani proses kelahiran si kecil. Bagi Anda yang masih bingung dengan persiapan melahirkan, sebaiknya simak ulasannya berikut ini!

Inilah persiapan melahirkan yang wajib dilakukan calon ibu

Berbicaralah dengan bayi dalam kandungan Anda
Menjelang kelahiran, cobalah untuk menjalin komunikasi dengan bayi Anda. Letakkan tangan nda dan berbicaralah secara baik atau menyanyilah untuk bayi Anda. Beritahu kepada bayi, bahwa Anda sangat bersyukur bisa memilikinya dan katakan tak usah panik atau cemas saat proses persalinan nanti. Meski berada di dalam kandungan, dia tetap mendengar apa yang Anda ucapkan. 

Mulailah mengurangi kesibukan dan fokus untuk proses persalinan
Jika usia kehamilan sudah menginjang 9 bulan, sebaiknya berhentilah dari rutinitas yang menyita waktu Anda. Lebih baik lakukan kegiatan yang santai dan membuat Anda tenang seperti menulis, mendengarkan musik, bernyanyi, melukis dan sebagainya. Dengan melakukan persiapan melahirkan ini perasaan Anda akan tenang dan siap menjalani persalinan nati. 

Cari informasi dan membaca cara merawat bayi
Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana cara merawat bayi yang benar. Mulai dari menggganti popok, memandikan, senam bayi, menyusui yang benar, cara menggendong bayi yang benar dan lain sebagainya. Anda bisa mencari informasi melalui teman, internet, majalah atau yang lainnya. 

Jaga keintiman dengan suami
Persiapan melahirkan yang sangat penting adalah menjaga keintiman dengan suami. Deting-deting terakhir sebelum melahirkan, calon ibu bisa stres karena khawatir akan persalinannya nanti. Oleh karena itu peran suami dibutuhkan dalam hal ini. Suami harus bisa membuat istrinya rileks dan aman selama melahirkan. 

Berdo’a
Perbanyak ibadah dan berdo’a kepada Tuhan. Tenangkanlah diri Anda dan pasrahkan semua pada Tuhan. Mintalah agar Anda diberi kelancaran saat proses persalinan. Dengan begitu, Anda lebih yakin karena kekuatan do’a bisa menjadi mukjizat bagi Anda.
Nah, itulah persiapan melahirkan yang wajib Anda lakukan. Baik calon ibu atau calon ayah harus bekerja sama dengan baik.


EmoticonEmoticon